Tuesday, August 26, 2008

Bahasa

Sumpah Pemuda:
".....berbahasa yang satu, bahasa Inggris..."


Iklan yang digagas salah satu komunitas kreatif di Bandung ini memang bagus. Apalagi Bandung punya pengalaman tragedi sampah yang memalukan. Tapi, jika diperhatikan sebenarnya iklan ini untuk siapa? Untuk orang2 yang sedang duduk2 dibawah iklan itu, atau untuk turis-turis asing yang sedang berkunjung ke Bandung. Sepengetahuan saya, tingkat kesadaran turis-turis asing soal sampah jauh lebih baik. Tidak hanya itu orang Indonesia yang mengerti bahasa Inggris dan berasal dari kelas menengah ekonomi juga cukup tinggi kesadarannya.

Mungkin bahasa Sunda atau Bahasa Indonesia yang di kemas kreatif lebih mengena, dan kalau pun perlu selipkan Bahasa Inggris secara wajar di sela-selanya. Kita memang bagian masyarakat global yang bukannya makin mejemuk malah makin homogen. Tapi soal identitas, bahkan orang Inggris pun tidak membuat iklan dalam Bahasa Indonesia. Think!

Saturday, August 16, 2008

INDONESIA TANAH AIR

Tuesday, August 12, 2008

Lampung Tano Lado