Saturday, August 18, 2007

Melody hari ini


Aku punya hobi baru skr, memetik senar gitar. Masih pemula memang, tapi untuk menghibur diri sendiri lumayan tidak memalukan lah...Hitung2 sambil ngisi waktu kalau sudah jenuh mengerjakan tugas proyek ini. Selain itu ada angan juga sih, siapa tau nih ya, kalau nanti jadi manajer atau ketua RT terus diminta menyumbangkan sedikit lagu ada yang bisa ditunjukkan huahaha...Bukankah klo 17an sering tuh para tetua diminta tampil...Daripada cuma bisa nyanyi dangdutan, khan lebih asyik sambil main gitar juga...:) Ya nggak?

Nah hari ini, lagu yang menduduki 1st toplist tangga lagu PT MKS adalah "Dona, Dona" new version dari Joan Baez. Lumayan gampang dimainkan pake gitar, nggak butuh lama, apalagi bisa googling chordnya. Tambah lagi tadi mlm sempet liat di Film Gie, ini lagu jadi ost-nya, n didendangkan oleh si cantik Sitha-RSD.

Nggak cuma melody-nya aku suka, liriknya juga co-ol (meminjam ejaan seseorang di Jogja). Temanya cocok dengan 17-an, soal freedom, kebebasan. Sudahkah kita merasa bebas hari ini kawan? Banyak orang, terutama di kota besar, ngerasa kurang bebas, "wahh gw nggak punya waktu nih, kerja mulu", "Aduh sorry, gw nggak enak ama keluarga gw, ama pacar gw, ama bos gw"...Wah coba deh tanya lagi ke dada loe (secara, kita sering menunjukkan tempat hati nurani di dada), rela nggak loe hidup kayak gitu.
Atau aku kasih penggalan liriknya ya? Biar kita bisa sama2 menengok "ke dalam" kata Mas Ebiet.
...............
"Stop complaining," said the farmer,
"Who told you a calf to be,
Why don't you have wings to fly with,
Like the swallow so proud and free?"

Calves are easily bound and slaughtered,
Never knowing the reason why,
But whoever treasures freedom,
Like the swallow has learned to fly.
................

Ah, ternyata si Baez ini pingin bercerita ke kita. Contohlah si walet, eh dia bangga ama dirinya sendiri n terbang bebas. Nah kamu (si anak sapi), bisanya komplain doank. Kenapa nggak coba bikin sayap sendiri and terbang? Tau nggak sih kalau semua diciptakan untuk bebas. Tapi tunggu dulu. Si walet nggak serta merta terbang gitu aja, dia mesti belajar dulu khan untuk terbang. Ada usaha bung.

Hmmm...Hubungannya dengan kita. Kayaknya yang bisa aku ambil pelajaran itu si pak tani pingin kasih tau ke kita. Bahwa kebebasan itu datang dari pikiran kita. Klo pingin bebas ya berpikirlah bebas. Anggap diri sendiri orang yang mandiri, independen, bisa menentukan jalan hidup sendiri. Nggak tergantung orang lain dengan berlebihan. Nggak menyerah dengan keadaan kayak si sapi kecil itu, yang nerima apa adanya kelak jadi sapi potong. Dan pesan pak tani, belajar dulu donk kayak si walet.

Contoh ya, klo kita ngerjain sesuatu dengan terpaksa apa kita merasa bebas??? Gw jamin nggak, sesimple apapun kerjaan itu. Beda kalau kita ngerjain sesuatu itu dengan senang, mau waktu habis di kantor tiga hari tiga malam juga tetep aja kita jadi orang yang bebas. Nggak terbebani. Tanya aja ama orang2 IT, bosen nggak dia di kantor nongkrongin komputer trus. Jadi soal kekebasan atau freedom itu tinggal pikiran kita aja....

Wah kayaknya aku banyak ngecap nih. Kebanyakan minum kopi mungkin.....Ya itu, sekelumit melody yang aku dapet hari ini...

4 comments:

artja said...

aku dah link balik, pake nama: Brandal Lokananta
Thx ya... :)

bulb-mode said...

Bebas mengatur waktu kerja, itu kebebasan yang menyenangkan... :D Kerjaan yang target-based dengan gaji besar lebih memikatku daripada kerjaan yang time-based dg gaji sama-sama besar... Huehehe...ya jelas lah ya?

RonggoLawe said...

Gimana klo travel-based dengan gaji besar...:)) Kalo itu mah usaha travel agent ya hihihihi..

Anonymous said...

I need its melody sheet, do you have?